7 WNA di Bali Ajukan Jadi WNI Selama 2021, Alasannya Bikin Bangga

Kamis, 30 Desember 2021 – 05:19 WIB
7 WNA di Bali Ajukan Jadi WNI Selama 2021, Alasannya Bikin Bangga - JPNN.com Bali
Proses interview Afandy Dharma Fairbrother, WNA asal Inggris yang mengajukan naturalisasi ke Kemenkumham Bali, awal November 2021 lalu. (Humas Kemenkumham Bali)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Setiap tahun selalu ada warga negara asing (WNA) yang menetap di Bali mengajukan permohonan pewarganegaraan untuk berganti status menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kemenkumham Bali mencatat, ada 7 WNA yang berniat mengajukan diri jadi WNI sepanjang 2021.

Catatan Kemenkumham Bali, sepanjang Februari-September 2021, WNA pemohon jadi WNI, yakni Marlon Gerber asal Swiss, Michael Szarata asal Jerman, Ni Wayan Samantha Isabhela Keatinge asal Australia, dan Oyagi Shufa dari Jepang.

Sedangkan pada periode November-Desember 2021, masing-masing Troy Sinclair dari Inggris, Afandy Dharma Fairbrother dari Inggris, dan terakhir Israel Rovirosa Figueroa asal Meksiko.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, ada yang karena sejak kecil sudah menetap di Bali sehingga jatuh cinta pada Bali dan Indonesia.

Namun, ada juga karena alasan menjalin hubungan asmara hingga keluarga.

Dari ketujuh WNA pemohon naturalisasi itu, jelas Jamaruli, sejauh ini pihaknya masih melakukan supervisi terkait kelayakannya untuk menyandang label WNI.

"Jadi tahun 2021 ini ada tujuh WNA yang mengajukan permohonan naturalisasi, sampai saat ini masih dalam proses penilaian," ujar Jamaruli.

7 WNA di Bali mengajukan diri jadi WNI selama 2021. Alasannya beragam, selain cinta Bali dan Indonesia, mereka memiliki keluarga di sini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News