Begini Kronologis Jukung Angkut Tujuh Pemancing Terbalik di Selat Bali, Ngeri

Minggu, 05 Desember 2021 – 15:02 WIB
Begini Kronologis Jukung Angkut Tujuh Pemancing Terbalik di Selat Bali, Ngeri - JPNN.com Bali
Jukung yang dinaiki 7 pemancing terbalik sekitar 300 meter dari Pantai Jineng Agung Gilimanuk, Jembrana, Sabtu kemarin. (Istimewa)

bali.jpnn.com, GILIMANUK - Kecelakaan  nelayan yang nyaris membahayakan nyawa tujuh orang pemancing terjadi di perairan Selat Bali, Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

Peristiwa nahas ini menimpa sebuah jukung yang mengangkut lima orang pemancing dan dua orang kru perahu Sabtu kemarin (4/12).

Beruntung, ketujuh pemancing ini selamat berkat adanya perahu nelayan lain di dekatnya, dan petugas Satuan Polair Polres Jembrana berhasil mengevakuasi para korban ke pantai.

Ketujuh pemancing itu antara lain Aan Nur,29; Aria Kusuma,31; Dwi Jatmiko,29;  Ahmad Novi, 31; Arif Wahyudi, 31; Haryanto, 56, dan Haryono, 55.

Kecelakaan ini terjadi saat salah seorang pemancing berhasil strike, atau mendapat tarikan ikan dari joran pancingnya.

Bobot ikan yang diduga terlalu berat dan melalukan perlawanan saat ditarik mengakibatkan perahu oleng tak seimbang, hingga terbalik.

Menurut Kasatpolair Polres Jembrana AKP I Putu Raka Wirama, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.00 Wita, dan perahu berhasil dievakuasi ke pinggir sekitar pukul 15.00 Wita.

"Tidak ada korban jiwa, tujuh penumpang selamat," kata Raka Wirama seizin Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Minggu (5/12).

Lima pemancing dan dua kru jukung yang mengangkut pemancing terbalik di Selat Bali saat mendapat strike di perairan setempat