Tingkat Hunian Hotel Berbintang di NTT Tumbuh Positif, Angkanya Mengejutkan

Selasa, 02 November 2021 – 01:06 WIB
Tingkat Hunian Hotel Berbintang di NTT Tumbuh Positif, Angkanya Mengejutkan - JPNN.com Bali
Salah satu hotel yang berdiri di tengah Kota Kupang, NTT. Tingkat hunian hotel dalam tiga bulan terakhir di NTT bergerak positif. Foto: Antara/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan naik dari bulan ke bulan berikutnya selama pandemi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat, TPK bulan Juli sebesar 20,35 persen menjadi 22,92 persen pada Agustus dan September menjadi 36,68 persen.

Tren peningkatan tingkat hunian kamar ini menunjukkan usaha perhotelan di NTT mulai kembali bergairah di tengah upaya pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19 yang sedang berjalan.

“TPK hotel berbintang pada September 2021 sebesar 36,68 persen ini naik 1,88 poin secara year on year (yoy) dari September 2020 sebesar 34,80 persen,” ujar Kepala BPS Provinsi NTT Darwis Sitorus.

Pihaknya mencatat jumlah tamu menginap pada hotel bintang di NTT pada September sejumlah 30.681 orang terdiri dari 30.410 orang tamu nusantara dan 271 orang tamu mancanegara.

Rata-rata lama tamu menginap selama 1,45 hari yang terdiri dari tamu nusantara yang menginap selama 1,45 hari dan mancanegara selama 1,68 hari.

Menurut Darwis Sitorus, rata-rata lama menginap ini terkoreksi sedikit menurun dibandingkan pada Agustus yaitu dari tamu nusantara dan mancanegara, masing-masing 1,65 hari dan 2,8 hari.

Jumlah penumpang angkutan udara yang datang ke NTT pada September tercatat sebanyak 81.090 orang, sedangkan penumpang yang berangkat sebanyak 76.730 orang.

Tingkat hunian hotel berbintang di Provinsi NTT tumbuh positif meski pandemi belum berlalu. Dalam tiga bulan terakhir bergerak positif
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News