Parah! Data BPS, Enam Bulan Terakhir Turis Asing yang ke Bali Hanya 43 Orang

Senin, 02 Agustus 2021 – 19:31 WIB
Parah! Data BPS, Enam Bulan Terakhir Turis Asing yang ke Bali Hanya 43 Orang - JPNN.com Bali
Pantai di kawasan Canggu diserbu wisatawan asing sebelum pandemi datang. Namun, setelah diterjang pandemi, kunjungan turis asing ke Bali merosot tajam. (dok.JPNN)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Provinsi Bali, tampaknya, tidak bisa lagi berharap kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata selama pandemi covid-19 berlangsung.

Betapa tidak, BPS Provinsi Bali melaporkan, dari periode bulan Januari hingga Juni 2021, wisatawan asing yang berkunjung ke Bali hanya 43 orang wisatawan.

Jumlah itu terdiri dari 10 wisatawan pada bulan Januari, 12 wisatawan pada Februari, 3 wisatawan di bulan Maret, 9 wisatawan di bulan April, 8 wisatawan di bulan Mei dan hanya 1 wisatawan di bulan Juni. 

“Jika diprosentasekan, angka kunjungan turis asing ke Bali turun 99,996 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya,” ujar Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya dikutip dari Radarbali.id.

Sekadar diketahui, pada periode yang sama tahun 2020 lalu, angka kunjungan turis asing ke Bali tercatat sebanyak 1.069.171 wisatawan.

Dengan turunnya kunjungan wisatawan, Bali tidak bisa lagi berharap kontribusi PAD dari sektor pariwisata.

Justru kondisi ini yang membuat ekonomi Bali kian terpuruk dan membutuhkan solusi untuk mengatasinya.

Turunnya kunjungan turis asing pada semester I 2021 dianggap logis Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawan.

Dampak pandemi begitu terasa dirasakan industri pariwisata Bali. Sebagai bukti, berdasar data BPS, turis asing selama 6 bulan hanya 43 orang.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News