CTC Ungkap Tutupan Terumbu Karang di Perairan Nusa Penida Bali Masih yang Terbaik

Selasa, 09 Juli 2024 – 15:35 WIB
CTC Ungkap Tutupan Terumbu Karang di Perairan Nusa Penida Bali Masih yang Terbaik - JPNN.com Bali
Relawan merestorasi terumbu karang di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Bali. Foto; ANTARA /HO-CTC Bali

bali.jpnn.com, NUSA PENIDA - Tutupan terumbu karang di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida, Klungkung, Bali mencapai 60 persen versi Coral Triangle Center (CTC).

Data tersebut terangkum berdasarkan pemantauan sejak 2008-2024 di tiga pulau di perairan Nusa Penida, yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Penasihat Konservasi Laut CTC Bali Marthen Welly mengatakan persentase kehidupan terumbu karang di Nusa Penida tergolong baik meski kawasan tersebut saat ini menjadi magnet wisata bahari di Pulau Dewata.

Menurut Marthen Welly, angka persentase tutupan terumbu karang 0-25 persen tergolong buruk, 25-50 persen tergolong sedang dan di atas 50 persen masuk kategori baik.

“Trennya relatif stabil dan sekarang ini rata-rata 60 persen,” kata Marthen Welly.

Meski demikian, Marthen Welly mengingatkan ada 40 persen perairan bawah laut di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida belum tertutupi terumbu karang.

Kondisi tersebut disebabkan banyak faktor, bisa karena terumbu karangnya yang rusak atau karena faktor alami bawah laut yang berpasir sehingga terumbu karang tidak bisa tumbuh.

Marthen Welly mengatakan untuk menambah persentase tutupan terumbu karang perlu dilakukan lebih intensif upaya restorasi terumbu karang.

Coral Triangle Center (CTC) mengungkap tutupan terumbu karang di perairan Nusa Penida, Klungkung, Bali masih yang terbaik, tak terganggu wisata bahari
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News