Pengerukan Alur dan Kolam Proyek BMTH Hampir Kelar, Kapal Pesiar Leluasa ke Bali

Minggu, 23 Juni 2024 – 08:17 WIB
Pengerukan Alur dan Kolam Proyek BMTH Hampir Kelar, Kapal Pesiar Leluasa ke Bali - JPNN.com Bali
Kapal pesiar jumbo dengan panjang 317 meter Celebrity Soltice menjadi kapal pesiar terpanjang pertama yang sandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali. Foto: ANTARA/HO-Pelindo Benoa Denpasar

bali.jpnn.com, DENPASAR - Proyek pengerukan alur dan kolam Bali Maritime and Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Benoa, Denpasar, hampir kelar.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai 81 persen per Mei 2024.

Pengerukan alur telah memberikan dampak positif bagi Pelabuhan Benoa.

Salah satunya dapat melayani kapal pesiar sandar berukuran jumbo dengan panjang lebih dari 317 meter, yaitu Celebrity Solstice pada akhir 2023.

Sebelum dilakukan pengerukan, Pelabuhan Benoa hanya mampu menerima kunjungan kapal pesiar berukuran panjang 200 meter.

Pelindo mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1,2 triliun yang sudah dimanfaatkan optimal untuk pengerukan kolam dan alur.

“PMN ini menjadi amanat negara yang harus kami optimalkan seefisien mungkin dalam investasi BMTH ini agar manfaatnya juga sesuai dengan rencana, yaitu pengembangan wisata jalur maritim di Indonesia khususnya Bali,” kata Direktur Investasi Pelindo Boy Robyanto dilansir dari Antara.

BMTH Pelabuhan Benoa merupakan ekosistem yang mengintegrasikan sektor pariwisata, pelabuhan, dan hiburan.

Pengerukan Alur dan Kolam Proyek Bali Maritime and Tourism Hub (BMTH) hampir kelar, kapal pesiar jumbo kini leluasa bersandar
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News