Menteri Pariwisata G20 Sepakati Bali Guidelines, Berikut 5 Poin Hasil Pertemuan

Senin, 26 September 2022 – 21:17 WIB
Menteri Pariwisata G20 Sepakati Bali Guidelines, Berikut 5 Poin Hasil Pertemuan - JPNN.com Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo (tengah) berbincang dengan delegasi saat kegiatan G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (26/9). Foto: ANTARA/Naufal Fikri Yusuf.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) atau Pertemuan Menteri Pariwisata G20 di Nusa Dua, Badung, berhasil menyepakati Bali Guidelines.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Bali Guidelines adalah suatu kesepakatan yang sangat fundamental untuk kebangkitan sektor pariwisata yang fokus pada komunitas, masyarakat dan UMKM.

"Di dalam Bali Guidelines, semua disepakati mengenai lima line of actions yang nanti akan diteruskan di Presidensi G20 India,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Nusa Dua, Senin (26/9).

Menteri Sandi menjelaskan dalam TMM G20, hal yang menarik dibahas adalah mengenai lapangan kerja.

Menurutnya, lapangan kerja di sektor pariwisata bukan hanya pekerjaan yang sudah banyak ada saat ini dan bukan lapangan kerja yang tidak memberdayakan.

Namun, ke depan lapangan kerja ini harus berkualitas, harus yang baik dan memberikan peningkatan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi, konsepnya seperti itu.

Lapangan pekerjaan yang belum kembali setelah pandemi Covid-19 harus dihadirkan kembali dengan pendekatan Recover Together, Recover Stronger berbasis komunitas, UMKM dan tentunya berfokus pada penguatan masyarakat," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Menteri Pariwisata G20 atau G20 Tourism Ministerial Meeting menyepakati Bali Guidelines saat menggelar pertemuan di Nusa Dua, berikut 5 poin hasil pertemuan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News