Taman Nasional Komodo Tekankan Empat Poin, Ranger Komodo Harus Orang Lokal, Ini Tujuannya Salut!

Senin, 07 Februari 2022 – 20:43 WIB
Taman Nasional Komodo Tekankan Empat Poin, Ranger Komodo Harus Orang Lokal, Ini Tujuannya Salut! - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Seorang wisatawan saat beriwsata di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Foto: ANTARA/Kornelis Kaha

bali.jpnn.com, KUPANG - Pengelolaan Taman Nasional Komodo bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dilakukan dalam empat aspek. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Zet Sony Libing mengatakan pemerintah daerah ikut program tersebut.

"Aspek pertama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan Kabupaten Manggarai Barat ikut dalam menjaga konservasi lingkungan," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin (7/2). 

Hal tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang sudah ditandatangani Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dengan pihak KLHK pada November 2021.

Juga telah dilakukan pendandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Flobamor selaku BUMD Pemprov NTT dengan Balai TN Komodo pada Kamis (3/2).

Di dalamnya memuat beberapa aspek kerja sama. 

Aspek kedua, kata dia, pemerintah daerah dan pusat terlibat bersama dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan TN Komodo

Masyarakat di kampung-kampung yang ada di Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan lainnya, kata dia, yang selama ini belum tersentuh dengan baik akan menjadi sasaran pemberdayaan ekonomi. 

Pengelolaan Taman Nasional Komodo menekankan empat aspek, ada poin ranger komodo harus orang lokal, ini tujuannya salut!
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News