Isu Pertanian Jadi Bahasan di Forum Parlemen ASEAN, Fadli Zon Merespons

Rabu, 24 Juli 2024 – 13:29 WIB
Isu Pertanian Jadi Bahasan di Forum Parlemen ASEAN, Fadli Zon Merespons - JPNN.com Bali
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (tengah) foto bersama pada Pertemuan AIPA, Badan Pangan Dunia (Food Agricultural Organization/FAO), dan IISD di Bali, Rabu (24/7). Foto: Source for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon mendorong para anggota parlemen di ASEAN untuk lebih fokus pada isu pertanian agar para petani dapat lebih berdaya.

Menurut Fadli Zon, isu tani perlu menjadi fokus karena realitanya, kesejahteraan petani belum terjamin sepenuhnya.

Fadli Zon menyampaikan hal tersebut pada Pertemuan AIPA, Badan Pangan Dunia (Food Agricultural Organization/FAO), dan IISD di Bali, Rabu (24/7).

Pertemuan ini memperkuat peran parlemen untuk Panduan ASEAN dalam Memajukan Investasi Bertanggungjawab di Pangan, Pertanian dan Kehutanan atau yang dikenal dengan ASEAN-RAI.

Berdasarkan data BPS, penghasilan petani skala kecil saat ini berada di angka Rp 5,23 juta per tahun, sementara petani lainnya Rp 22,9 juta per tahun.

”Produksi tani terus menerus turun, dan kontribusi sektor kehutanan, pertanian dan perikanan kepada PDB berkurang 3,54 persen yoy pada kuartal pertama 2024,” ujar Fadli Zon.

Di sisi lain, tekanan demografi bertambah untuk penyediaan pangan.

280 juta jiwa rakyat Indonesia membutuhkan pangan tiga kali sehari.

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon mendorong para anggota parlemen di ASEAN untuk lebih fokus pada isu pertanian agar para petani dapat lebih berdaya.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News