Benoa Masuk Zona Wisata, PPN Pengambengan Jadi Pelabuhan Perikanan Internasional

Jumat, 05 Juli 2024 – 17:24 WIB
Benoa Masuk Zona Wisata, PPN Pengambengan Jadi Pelabuhan Perikanan Internasional - JPNN.com Bali
Ilustrasi PPN Pengambengan Jembrana, Bali yang bakal disulap jadi Pelabuhan Perikanan Internasional oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun ini. Foto: Pemprov Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Bali, diplot Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai pelabuhan perikanan bertaraf internasional.

Dengan berstatus pelabuhan internasional, kapal asing baik milik nelayan maupun industri yang sebelumnya bersandar di Pelabuhan Benoa akan dipindahkan ke PPN Pengambengan.

Peluang PPN Pengambengan menjadi pelabuhan perikanan internasional sangat besar lantaran Pelabuhan Benoa diproyeksikan menjadi Bali Maritime Tourism Hub (BMTH).

 “Itu salah satu revitalisasi, jadi kita geser karena di Benoa kan zona wisata,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Jumat (5/7).

Sakti Wahyu Trenggono mengatakan anggaran untuk proyek pelabuhan perikanan terintegrasi dan pusat perikanan internasional telah disiapkan.

KKP tengah menyiapkan kajian dari sisi lingkungan hidup hingga kapasitas kapal yang dapat ditampung.

KKP juga mengkaji keberadaan industri pendukung dan fasilitas ruang penyimpanan berpendingin (cold storage) yang akan dihadirkan di PPN Pengambengan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menambahkan KKP akan menyiapkan beberapa zona sesuai dengan jenis kapal di PPN Pengambengan.

Pelabuhan Benoa masuk zona wisata, Kementerian Kelautan dan Perikanan plot PPN Pengambengan menjadi Pelabuhan Perikanan Internasional
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News