Monsun Australia Picu Angin Kencang, Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan

Selasa, 25 Juni 2024 – 08:27 WIB
Monsun Australia Picu Angin Kencang, Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan - JPNN.com Bali
Ilustrasi angin kencang yang terjadi di daerah Bali yang memicu gelombang tinggi di perairan Bali. Foto: Humas Polres Tabanan

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan cuaca di Provinsi Bali, Selasa hari ini (25/6) dominan cerah berawan.

Meski demikian hujan ringan diperkirakan masih terjadi pada dini hari nanti di wilayah Bali timur, yakni Karangasem, Klungkung dan Gianyar.

Suhu udara berkisar 22 – 30 derajat dengan kelembapan udara 70 – 90 persen.

Angin bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan mencapai 46,3 km per jam yang terjadi pada 25 – 27 Juni 2024.

“Kondisi ini terkait dengan posisi semu tahunan matahari,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah III Kadek Setiya Wati dilansir dari Antara.

Kadek Setiya Wati mengatakan peningkatan kecepatan angin di wilayah utara Bali itu terjadi pada periode aktifnya monsun Australia.

Pada Juni 2024 posisi semu tahunan matahari ada di sebelah utara ekuator, sehingga benua Asia mengalami musim panas dan terbentuk pusat tekanan rendah.

Di benua Australia saat ini terjadi musim dingin dan terbentuk pusat tekanan tinggi.

Monsun Australia memicu angin kencang, BMKG Wilayah III Denpasar mewaspadai gelombang tinggi di jalur penyeberangan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News