Menteri Yasonna: FIGN 2024 Dorong Peningkatan Ekonomi & Kreativitas Nasional

Senin, 17 Juni 2024 – 18:05 WIB
Menteri Yasonna: FIGN 2024 Dorong Peningkatan Ekonomi & Kreativitas Nasional - JPNN.com Bali
Menkumham Yasonna H Laoly menyerahkan penghargaan dalam ajang Forum Indikasi Geografis Nasional (FIGN) 2024. Foto: Kemenkumham Bali

bali.jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menyelenggarakan Forum Indikasi Geografis Nasional (FIGN) 2024.

Acara yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada 12-13 Juni 2024 ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan terkait KI.

Termasuk para menteri, pejabat tinggi negara, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat umum.

FIGN 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya KI, khususnya indikasi geografis (IG), dalam mendorong pembangunan ekonomi nasional.

Dalam forum ini, dibahas berbagai isu terkini terkait IG, mulai dari strategi peningkatan nilai produk IG, pemanfaatan KI untuk ekspor, hingga perlindungan IG dalam hukum internasional.

Salah satu hasil penting dari FIGN 2024 adalah pengukuhan Tim Pembinaan Indikasi Geografis Nasional oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly.

Tim ini terdiri dari 15 kementerian/lembaga yang akan bersinergi dalam memperkuat sistem IG di Indonesia.

Menteri Yasonna menyampaikan bahwa saat ini telah terdaftar sebanyak 138 produk IG dari berbagai wilayah di Indonesia dan 15 produk IG terdaftar dari luar negeri.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan FIGN 2024 mendorong peningkatan ekonomi dan kreativitas nasional
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News