BMKG Rilis Cuaca Buruk di Bali 2 Hari Ini, Waspada Petir & Gelombang Tinggi

Senin, 26 Februari 2024 – 16:09 WIB
BMKG Rilis Cuaca Buruk di Bali 2 Hari Ini, Waspada Petir & Gelombang Tinggi - JPNN.com Bali
Ilustrasi hujan lebat. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar kembali merilis peringatan dini terkait perkiraan cuaca buruk di Provinsi Bali pada 26-27 Februari 2024.

Mulai dari angin kencang, pohon tumbang, petir, genangan air dan tanah longsor.

BBMKG Wilayah III Denpasar memperkirakan cuaca buruk ini ditandai terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat yang terjadi di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bali.

"Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan," kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho.

BMKG Denpasar juga mengimbau pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan wisata bahari, serta masyarakat yang beraktivitas di pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi mencapai sekitar dua meter atau lebih.

Potensi gelombang laut tinggi itu yakni di wilayah Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, dan perairan selatan Bali yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Selama periode peringatan dini itu, angin umumnya bertiup dari arah barat daya-barat dengan kecepatan hingga 36 kilometer per jam.
BBMKG Denpasar menyampaikan kondisi angin dan gelombang laut berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Menurut Cahyo Nugroho, kondisi cuaca selama tiga harian atau pada periode 25-27 Februari 2024 disebabkan oleh terbentuknya daerah pertemuan angin yang dapat mendukung pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan.

BMKG Wilayah III Denpasar merilis prakiraan cuaca buruk di Bali 2 hari ini, waspada petir & gelombang tinggi
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News