BPBD Bali Ubah Sistem Alarm Tsunami, Berganti Radio, Klaim Efektif dan Efisien

Senin, 27 November 2023 – 10:51 WIB
BPBD Bali Ubah Sistem Alarm Tsunami, Berganti Radio, Klaim Efektif dan Efisien - JPNN.com Bali
Alarm peringatan dini tsunami baru B-TEWS di Tanjung Benoa, Badung, Bali. Foto: ANTARA/Ho-BPBD Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sekretaris BPBD Bali I Gede Agung Teja Busana Yadnya berhasil menginisiasi penggunaan sistem baru dalam alarm peringatan dini tsunami.

I Gede Agung Teja Busana Yadnya yang berpengalaman dalam bidang kebencanaan berhasil mengubah system alarm tsunami Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS) dari awalnya berbasis satelit dan GSM menjadi B-TEWS yang berbasis radio dan GSM.

Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin mengatakan bahwa pergantian ini sebagai strategi baru pemerintah daerah mengembangkan sistem peringatan dini yang lebih efektif dan efisien.

Lebih penting yakni dapat dikolaborasikan dengan multi sektor tanpa mengurangi keandalannya.

Made Rentin mengatakan meski sistemnya diubah menjadi berbasis radio, BPBD Bali menjamin seluruh perangkat alarm berfungsi optimal.

Pasalnya, peralatan tersebut secara rutin pada tanggal 26 setiap bulannya telah dilakukan uji coba dan perawatan berkala.

Selama ini biaya pemeliharaan Ina-TEWS, sangat mahal.

"Sparepart sangat mahal bila menggunakan sistem yang lama.

BPBD Bali berhasil mengubah sistem alarm tsunami dari awalnya memakai sistem satelit dan GSM berganti radio dan GSM, klaim lebih efektif dan efisien
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News