Perbedaan Cloud Server dengan VPS yang Wajib Developer Ketahui!

Jumat, 20 Oktober 2023 – 15:37 WIB
Perbedaan Cloud Server dengan VPS yang Wajib Developer Ketahui! - JPNN.com Bali
Ilustrasi teknologi Cloud Server dengan VPS. Foto: dok SystemEver

bali.jpnn.com, DENPASAR - Tidak sedikit yang masih bingung memilih layanan hosting website. Dari beberapa jenis yang ada, cloud server dan VPS kerap direkomendasikan.

Apa beda cloud server dengan VPS, dan mana di antaranya keduanya yang paling tepat? Sebelum menjawab, mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari cloud server dan VPS.

Cloud server merupakan layanan komputasi awan yang bekerja dengan beberapa server virtual sekaligus. Dengan kata lain, kamu harus berbagi sumber daya dengan beberapa pengguna lain.

Jika diibaratkan, cloud server seperti kos-kosan yang sudah dirancang dan dibangun sedemikian rupa oleh pemilik kos dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Jadi, pengguna hanya tahu beresnya saja.

Sama halnya dengan cloud server, pengguna tinggal menggunakan VPS yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur sesuai dengan harga yang sudah disepakati.

Sementara VPS (Virtual Private Server), yakni sejenis dedicated hosting yang di-host di server induk atau sekelompok server melalui penggunaan virtualisasi yang memiliki kemampuan menjalankan sistem operasi sebagaimana halnya menggunakan server fisik.

Jika cloud server adalah sebuah kos-kosan, VPS diibaratkan sebagai sebuah kontrakan. Pengguna mendapatkan fasilitas seperti memiliki sebuah rumah.

Berikut perbedaan Cloud Server dengan VPS yang wajib developer Anda ketahui!
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News