1.466 Napi Beragama Hindu Terima Remisi Nyepi, Bali Terbanyak, Sebegini Jumlahnya

Rabu, 22 Maret 2023 – 17:04 WIB
1.466 Napi Beragama Hindu Terima Remisi Nyepi, Bali Terbanyak, Sebegini Jumlahnya - JPNN.com Bali
Ilustrasi napi beragama Hindu mendapatkan remisi Hari Raya Nyepi. Foto: dok.JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - 1.466 narapidana beragama Hindu menerima Remisi Khusus (RK) Hari Raya Nyepi 2023. 

Tiga orang di antaranya memperoleh RK II atau langsung bebas setelah menerima remisi, sedangkan sebanyak 1.463 narapidana memperoleh RK I atau pengurangan masa pidana sebagian.

Mereka masih harus menjalankan sisa pidana di dalam lapas dan rumah tahanan negara (rutan) sesuai vonis yang diterima dari pengadilan.

“Total ada 2.062 narapidana beragama Hindu yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, pada 2023 Ditjenpas hanya menyetujui remisi untuk 1.466 narapidana,” ujar Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Rika Aprianti.

Daerah dengan narapidana penerima remisi terbanyak, yaitu Bali sejumlah 1.018, disusul Kalimantan Tengah 82 orang , Nusa Tenggara Barat (NTB) 69 orang, Sumatera Utara 64 orang, dan Sulawesi Selatan 43 orang.

Menurut Rika Aprianti, remisi khusus ini merupakan hak warga binaan yang diatur dalam Pasal 10 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Pemberian remisi ini diatur lebih lanjut melalui Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2022.

"Semua warga binaan yang menerima remisi telah memenuhi syarat substantif dan administratif sesuai dengan regulasi yang berlaku,” kata Rika.

1.466 narapidana beragama Hindu di seluruh Indonesia menerima remisi khusus saat Hari Raya Nyepi, Bali terbanyak, sebegini jumlahnya
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News