EU, Jepang, Korsel, China Hadiri Pertemuan Menhub se-ASEAN di Bali, Hasilnya Signifikan

Senin, 17 Oktober 2022 – 19:23 WIB
EU, Jepang, Korsel, China Hadiri Pertemuan Menhub se-ASEAN di Bali, Hasilnya Signifikan - JPNN.com Bali
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (dua kiri) memberi keterangan kepada jurnalis selepas pertemuan menteri perhubungan se-ASEAN ke-28 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (17/10). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin 28th ASEAN Transport Ministers Meeting (ATM) di Bali yang berlangsung 16 – 17 Oktober 2022.

Pertemuan menteri perhubungan se-ASEAN ke-28 ini juga dihadiri pejabat setingkat menteri dari negara mitra ASEAN, yaitu Jepang, Korea Selatan, China, dan Uni Eropa (EU).

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kehadiran negara mitra itu memberi perhatian kepada ASEAN, khususnya Indonesia selaku tuan rumah.

“Jepang, Korea Selatan, China, dan Uni Eropa merupakan negara-negara yang memiliki kapabilitas dan pengalaman yang baik.

Kita sudah memulainya, kita sudah membuat MRT, membuat kereta cepat pertama kali di ASEAN.

Ini menunjukkan Indonesia satu sisi pasar, tetapi juga menunjukkan bargaining (nilai tawar) di depan Korea, China, dan Uni Eropa,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Nusa Dua, Badung.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Manajemen, SDM, dan Kehumasan Adita Irawati mengatakan ada ratusan delegasi dari negara anggota ASEAN dan mitra dialog ASEAN yang hadir di pertemuan tahunan tersebut.

“Pertemuan fisik ini ada ratusan delegasi hadir secara fisik di Bali selama lebih kurang satu minggu. Ini kabar baik untuk Bali karena bisa mendorong pariwisata di Bali,“ kata Adita.

Uni Eropa, Jepang, Korsel, dan China ikut menghadiri pertemuan Menhub se-ASEAN di Bali, hasilnya signifikan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News