Astungkara, Buleleng Zero Case PMK, Satgas Sebut Fakta Ini

Selasa, 26 Juli 2022 – 20:21 WIB
Astungkara, Buleleng Zero Case PMK, Satgas Sebut Fakta Ini - JPNN.com Bali
Petugas melakukan pemotongan bersyarat terhadap ternak sapi yang terindikasi terpapar PMK beberapa hari lalu. Foto: Polresta Denpasar

bali.jpnn.com, BULELENG - Kabar baik datang dari Buleleng.

Sekda Gede Suyasa mengatakan bahwa Kabupaten Buleleng per minggu kemarin sudah nol kasus (zero case) penyakit mulut dan kuku (PMK).

Status zero case PMK setelah Satgas menuntaskan pemotongan bersyarat sebanyak 268 ekor sapi di Kecamatan Gerokgak dan Seririt, Buleleng.

“Semua sudah dilaporkan ke Satgas PMK provinsi dan nasional,” ujar Sekda Buleleng Gede Suyasa.

Menurutnya, menuntaskan wabah PMK di Buleleng bukan perkara mudah, mengingat ternak sapi yang dipotong bersyarat itu cukup banyak, yaitu 268 ekor.

“Satgas PMK juga mempertimbangkan kondisi peternak karena beternak sapi ini bukan hanya sebatas hobi, melainkan juga sumber penghasilan bagi keluarga peternak itu sendiri,” katanya.

Menurutnya, Satgas PMK Buleleng sebelumnya melakukan pendekatan kepada peternak jika sapinya dipotong bersyarat akan membantu mencegah penularan.

Jika banyak penularan tentunya akan berpengaruh kepada kunjungan wisatawan ke Bali dan ke Buleleng pada khususnya.

Buleleng zero case penyakit mulut dan kuku (PMK) setelah dilakukan pemotongan bersyarat terhadap ratusan ternak sapi, Satgas sebut fakta ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News