Jejak Ayahanda Bung Karno Pindah dari Singaraja ke Surabaya Terbongkar, Ternyata

Minggu, 12 Juni 2022 – 17:49 WIB
Jejak Ayahanda Bung Karno Pindah dari Singaraja ke Surabaya Terbongkar, Ternyata - JPNN.com Bali
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono saat mengunjungi SDN Alun-Alun Contong Kota Surabaya beberapa hari lalu. SDN tersebut menjadi saki sejarah ayahanda Presiden pertama RI Soekarno, Soekemi Sosrodihardjo mengajar sekolah dasar pribumi pada 1901 di Surabaya. Foto: ANTARA/HO-DPRD Surabaya

bali.jpnn.com, SURABAYA - Jejak ayahanda Presiden pertama RI Soekarno, Soekemi Sosrodihardjo, pindah tugas mengajar dari Singaraja, Buleleng, Bali ke Surabaya, Jawa Timur pada masa kolonial Belanda, terbongkar.

Fakta itu diungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN Alun-Alun Contong Eddy Santoso saat memperingati Juni Bulan Bakti Bung Karno di Surabaya, Minggu (12/6).

Menurut Eddy Santoso, Raden Soekemi semula menjadi guru sekolah dasar pribumi di Singaraja, Bali.

Setelah sekian lama bertugas di Bali, Raden Soekemi menerima surat tugas ke Surabaya dari Pemerintah Kolonial Belanda pada 1901.

Di Surabaya, Raden Sukemi mengajar di sekolah yang terletak di Jalan Sulung Sekolahan No. 1 Surabaya atau saat ini SDN Alun-Alun Contong.

SDN Alun-Alun Contong saat ini tepat berada di belakang Kantor Gubernur Jawa Timur.

Di Surabaya, Raden Soekemi bersama istrinya, Ida Ayu Nyoman Rai tinggal di rumah kecil kawasan Pandean Gang IV No. 40 Kota Surabaya atau jaraknya sekitar 2 kilometer dengan SDN Alun-Alun Contong.

"Pak Soekemi, ayahanda Bapak Soekarno, sempat mengajar di sekolah SDN ALun-ALun Contong tahun 1901. Kemudian berpindah tugas mengajar ke daerah lain," ujar Eddy Santoso.

Jejak Ayahanda Bung Karno Raden Soekemi pindah tugas mengajar dari Singaraja, Bali ke Surabaya, Jawa Timur, terbongkar, ternyata
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News