Papua Merdeka Menggema di Bali, Tolak Otonomi Khusus Jilid II

Sabtu, 04 Juni 2022 – 07:35 WIB
Papua Merdeka Menggema di Bali, Tolak Otonomi Khusus Jilid II - JPNN.com Bali
Mahasiswa Papua melakukan demo menuntut Papua Merdeka dan menolak Otsus Jilid II. (Tangkapan Layar Instagram @ceritabaline)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Mahasiswa Papua di Bali tidak berhenti turun ke jalan menyuarakan kemerdekaan Papua.

Untuk kali kesekian, mereka turun ke jalan membawa spanduk dan poster Papua Merdeka saat melancarkan aksinya di depan Konsulat Amerika di Renon, Denpasar, Bali, kemarin.

Mengatasnamakan Petisi Rakyat Papua (PRP), mereka juga menyuarakan penolakan kebijakan pemekaran provinsi di Papua.

“Papua merdeka..Papua merdeka..otsus cabut..otsus cabut,” teriak mahasiswa Papua di tengah pengawalan ketat aparat kepolisian, TNI dan pecalang.

Menurut pedemo, persiapan pemekaran provinsi di wilayah Papua Pegunungan Tengah setelah pengesahan UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II tidak tepat.

Koordinator aksi demo Martin Pigai mengatakan Papua berhak menentukan nasibnya sendiri.

Pasalnya, otonomi khusus (otsus) yang ditawarkan pemerintah Indonesia tidak bisa jadi solusi dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Papua.

Martin menuding otsus dan pemekaran wilayah yang gencar dilakukan pemerintah justru menjadi lahan baru baru militer Indonesia untuk menjaga kepentingan eksploitasi sumber daya alam di Papua.

Gerakan Papua Merdeka kembali menggema di Bali setelah mahasiswa setempat menggelar demo menolak otonomi khusus jilid II
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News