Petani Sidan Kian Semangat Gegara Pupuk Organik, Hasilnya Berlipat

Minggu, 08 Mei 2022 – 09:31 WIB
Petani Sidan Kian Semangat Gegara Pupuk Organik, Hasilnya Berlipat - JPNN.com Bali
Lahan pertanian organik di Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Bali. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati

bali.jpnn.com, GIANYAR - Petani Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Bali makin semangat memadukan pertanian organik dengan sektor pariwisata.

Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus penyelamatan lingkungan.

Kepala Desa Sidan I Made Sukra Suyasa mengatakan awalnya mencoba percontohan program padi organik seluas dua hektare dan hasilnya ternyata cukup bagus.

Proyek ini dibantu pendampingan dari Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar.

“Subak yang menjadi percontohan pertanian organik sebelumnya telah diberikan bantuan bibit dan pupuk organik,” ujar I Made Sukra Suyasa.

Dengan keberhasilan percontohan pertanian organik yang telah berjalan sekitar dua tahun ini, kemudian petani dari subak lainnya di Desa Sidan ikut tertarik bertanam padi dengan pupuk organik.

"Saat ini petani yang bertanam padi organik sudah di tujuh subak, dengan luasan lahan mencapai 40 hektare," ujar Sukra Suyasa.

Sukra Suyasa mengemukakan, saat awal panen pada subak yang menjadi percontohan, memang terjadi penurunan hasil panen hingga 40 persen dibandingkan menggunakan pupuk kimia.

Petani Sidan Gianyar semangat bercocok tanam gegara pupuk organik, hasilnya berlipat ganda
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News