DKPP Buleleng Gencarkan Program Mina Padi, Hasilnya Naik Berlipat

Selasa, 16 November 2021 – 01:11 WIB
DKPP Buleleng Gencarkan Program Mina Padi, Hasilnya Naik Berlipat - JPNN.com Bali
Salah satu lahan mina padi dengan konsep pertanian organik yang dikembangkan DKPP Buleleng. (bulelengkab.go.id)

bali.jpnn.com, BULELENG - Pemerintah Kabupaten Buleleng gencar budi daya mina padi berbasis organik untuk meningkatkan nilai ekonomi lahan pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng I Gede Putra Aryana mengatakan, dengan menerapkan mina padi, petani tidak perlu menggunakan pupuk kimia.

Pasalnya, ikan hasil budi daya pada petak sawah tersebut akan memberikan pupuk organik terhadap tanaman padi melalui kotorannya.

Aryana mengatakan, meski petani perlu menyisihkan sebagian luas lahan untuk kolam ikan, penerapan mina padi memberikan peningkatan penghasilan yang signifikan karena gabah yang dihasilkan menjadi lebih banyak.

Menurutnya, dulu hasil panen pada lahan pertanian seluas 50 are hanya mencapai 8 kwintal.

Namun, setelah menjalani program mina padi, bisa meningkat menjadi 10 kwintal lebih.

“Artinya akan ada peningkatan produksi justru ketika lahan yang 50 are itu dikurangi untuk lahan kolam, kan ada yang berkurang itu beberapa are,” kata Putra Aryana.

Selain mendapatkan hasil panen dari padi yang telah ditanam, petani tentu juga dapat mendulang keuntungan dari penjualan ikan yang dibudidayakan dengan waktu yang lebih cepat dari masa panen padi.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng menggencarkan program Mina Padi, dukung gerakan pertanian Organik