Kabar Gembira, BKN Sebut Peserta Lulus PG Bisa Menggantikan CPNS dan PPPK yang Mundur

Selasa, 01 Maret 2022 – 08:33 WIB
Kabar Gembira, BKN Sebut Peserta Lulus PG Bisa Menggantikan CPNS dan PPPK yang Mundur - JPNN.com Bali
Para peserta CPNS 2021 dan PPPK 2021 saat mengikuti tes. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Keputusan peserta seleksi CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan nonguru mengundurkan diri di tengah proses pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) membuat gerah Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BKN memastikan akan memberikan sanksi tegas kepada peserta CPNS dan PPPK yang mengundurkan diri.

Kabar gembiranya, BKN sudah menyiapkan pengganti untuk para CPNS dan PPPK guru maupun nonguru yang mengundurkan diri di tengah proses penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP).

Mereka akan digantikan oleh peserta yang lulus passing grade (PG) dengan rangking terbaik.

"Pergantian tersebut sah-sah saja karena ada regulasi yang mengaturnya," kata Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen kepada JPNN.com.

Menurut Suharmen, ada beberapa instansi yang meminta peserta yang mengundurkan diri baik CPNS, PPPK guru, PPPK nonguru diganti dengan peserta lainnya.

Berdasar PermenPAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, kalau ada peserta CPNS yang mengundurkan diri maka bisa digantikan peserta di bawahnya, sesuai urutan nilai tertinggi.

Begitu juga dengan peserta PPPK guru dan nonguru, proses pergantiannya sebagaimana tertuang dalam PermenPAN-RB 20/2021 serta PermenPAN-RB 29/2021.

Kabar gembira, BKN mengatakan peserta lulus passing grade (PG) tertinggi bisa menggantikan CPNS dan PPPK yang mundur
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News