Tangkapan Nelayan Kedonganan Merosot, Andalkan Suplai Ikan dari Luar Bali, Ini Penyebabnya

Senin, 22 November 2021 – 18:41 WIB
Tangkapan Nelayan Kedonganan Merosot, Andalkan Suplai Ikan dari Luar Bali, Ini Penyebabnya - JPNN.com Bali
Aktivitas bongkar muat kapal penangkap ikan di Pelabuhan Benoa, Denpasar, belum lama ini. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Nelayan ikan di Pantai Kedonganan, Kelurahan Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali pasrah hasil tangkapan ikan dari hari ke hari kian minim.

Merosotnya hasil tangkapan ikan ini, diakui para nelayan akibat badai La Nina dan musim angin barat yang sedang menerjang hampir seluruh kawasan di Pulau Bali.

Seretnya suplai ikan dari laut Bali ini berdampak pada penjualan ikan di Pasar Ikan Desa Adat Kedonganan, Jimbaran, Badung.

Untuk mengantisipasi kekurangan suplai ikan, pihak pengelola Pasar Ikan Desa Adat Kedonganan mengakalinya dengan mendatangkan suplai ikan dari luar Pulau Bali.

"Sekarang permintaan ikan konsumen memang meningkat.

Namun, hasil tangkapan menurun.

Jadi, saat ini mayoritas suplai ikan kita andalkan dari luar Bali," ujar Pengelola Pasar Ikan Kedonganan, I Wayan Suerta, Senin (22/11).

Menurut Suerta, sejak penurunan status PPKM Darurat di Bali menjadi Level 2, aktivitas penjualan ikan di Pasar Ikan Kedonganan terus menggeliat.

Tangkapan Nelayan Kedonganan merosot tajam bulan ini. Kini pedagang Pasar Ikan Kedonganan mengandalkan suplai ikan dari luar Bali