Cuaca Buruk: Waspada Potensi Ekstrem 17-23 Februari, Muncul Lagi Kelvin dan Rossby Ekuatorial

Kamis, 17 Februari 2022 – 14:05 WIB
Cuaca Buruk: Waspada Potensi Ekstrem 17-23 Februari, Muncul Lagi Kelvin dan Rossby Ekuatorial - JPNN.com Bali
BMKG memprakirakan cuaca di wilayah Bali dan Nusra potensi hujan ringan hingga lebat disertai petir, Senin (24/1). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

bali.jpnn.com, JAKARTA - Prakiraan cuaca buruk kembali diumumkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Masyarakat diharapkan mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada 17-23 Februari 2022.

Potensi yang muncul diperkirakan berupa hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi.

Potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara. Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dan lain-lain, serta dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan lain-lain," ujar Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu (16/2)  malam.

BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 di sekitar Samudera Hindia, dan menunjukkan kontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang cukup aktif di beberapa wilayah.

Prakiraan cuaca buruk: waspadai potensi yang ekstrem 17-23 Februari, muncul lagi Kelvin dan Rossby Ekuatorial
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News