Waspadai Gelombang Kelvin dan Rosbby, BMKG: Sebut Hari Ini Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Minggu, 02 Januari 2022 – 11:24 WIB
Waspadai Gelombang Kelvin dan Rosbby, BMKG: Sebut Hari Ini Indonesia Diguyur Hujan Lebat - JPNN.com Bali
Awan mendung menyelimuti kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (1/1/). Foto: ANTARA/HO

bali.jpnn.com, JAKARTA - Di awal tahun ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya dinamika atmosfer terkini bahwa terdapat gelombang Kelvin dan Rosbby di wilayah utara Indonesia dan Indonesia bagian timur.

Laman www.bmkg.go.id,  kembali menyebutkan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di sebagian wilayah Indonesia pada hari ini, Minggu (2/1).

Situasi ini berpotensi melanda sebagian wilayah Sumatra, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagian besar wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Dari pola angin juga terdapat konvergensi yang memicu pertemuan dan perlambatan angin di Sumatra bagian selatan, Selat Makassar, Jawa bagian timur, Bali, NTB, dan Laut Flores.

Situasi itu menyebabkan adanya penambahan masa udara basah yang cukup signifikan di wilayah tersebut.

Di sejumlah ibu kota provinsi, hari ini akan diwarnai cuaca cerah berawan hingga hujan lebat disertai petir dan angin kencang. 

Untuk wilayah Sumatra potensi cuaca berawan berada di wilayah Padang.

Hujan ringan terdapat di Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung. 

Waspadai adanya glombang Kelvin dan Rosbby di bagian utara dan timur Indonesia, BMKG: Sebut Hari Ini Indonesia Diguyur Hujan Lebat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News