Prakiraan Cuaca Hari Ini; Bali Hingga Nusra Potensi Diguyur Hujan Angin

Minggu, 16 Januari 2022 – 02:16 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini; Bali Hingga Nusra Potensi Diguyur Hujan Angin - JPNN.com Bali
Ilustrasi hujan di Kota Denpasar, Bali. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di sejumlah daerah.

Antara lain Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatra Selatan.

Potensi serupa juga terjadi di Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana hidrometeorologi pada 2022.

"Meski curah hujan tahun 2022 diprediksi sedikit lebih rendah dibandingkan tahun 2021, pemerintah dan masyarakat harus tetap mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi," ujar Dwikorita Karnawati.

Dwikorita mengatakan ada daerah yang diprediksi terjadi curah hujan bulanan di atas normal.

Antara lain Sumatera bagian tengah hingga utara, Kalimantan bagian timur dan utara, Jawa bagian barat, sebagian Sulawesi, Nusa Tenggara bagian timur, Maluku dan Papua pada bulan Januari.

Prakiraan Cuaca Hari Ini; Bali Hingga Nusra Potensi Diguyur Hujan Angin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News