Jasa Marga Dukung Presidensi G20, Beautifikasi Jalan Tol Bali Mandara Selesai Lebih Cepat

Rabu, 29 Desember 2021 – 13:09 WIB
Jasa Marga Dukung Presidensi G20, Beautifikasi Jalan Tol Bali Mandara Selesai Lebih Cepat - JPNN.com Bali
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) saat melakukan peninjauan Jalan Tol Bali Mandara bersama Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur (tengah) dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. ANTARA/HO

bali.jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan bahwa dukungan Jasa Marga dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 selaras dengan komitmen untuk mewujudkan jalan tol berkelanjutan.

Demikian disebutkannya saat mendapat kunjungan kerja dari Menteri BUMN Erick Thohir di Bali.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar program beautifikasi yang dilakukan oleh PT Jasamarga Bali Tol (JBT) merupakan penanaman sejumlah pohon dan tanaman, yang sejalan dengan fokus implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Jasa Marga yang berbasis pada Sustainability Development Goals. 

JBT adalah anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Bali Mandara.

“Ini sebagai wujud nyata untuk mengurangi dampak lingkungan dari adanya pembangunan dan pengoperasian jalan tol, seperti mengurangi pencemaran udara, menyerap kebisingan hingga pemecah angin untuk mengurangi efek hempasan angin pada pengendara. Jadi, tidak hanya untuk estetika semata, tapi memiliki manfaat juga untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan” ujar Subakti.

Terkait dengan beautifikasi Jalan Tol Bali Mandara, Direktur PT JBT I Ketut Adiputra Karang mengatakan bahwa dalam pengerjaannya, ia melakukan penanaman mangrove tidak hanya di sekitar Interchange Ngurah Rai, tetapi juga akan melakukan penghijauan dengan membuat taman di area gerbang tol (GT).

Pihaknya juga akan menanam tanaman hias di median jalan, yakni di semua GT dan akses keluar masuk yang ada di Jalan Tol Bali Mandara. 

“Penyelesaian seluruh program beautifikasi Jalan Tol Bali Mandara yang semula ditargetkan selesai pada Agustus 2022, menjadi maju di Juni 2022. Saat ini beberapa tahapan awal pekerjaan seperti penanaman Blue Grass dan Jepun Bali telah dilakukan di Akses Benoa serta pembuatan awal taman di Gerbang Tol (GT) Benoa dan di GT Nusa Dua. Nantinya, dalam pembuatan taman di gerbang tol, tanamannya pun beragam mulai dari Jepun Bali, Palm Kuning, Bakung Laut, Bougenvile hingga Naupaka,” kata Adi. (ket/JPNN)

Jasa Marga dukung perisapan Presidensi G20, beautifikasi Jalan Tol Bali Mandara akan selesai lebih cepat dari target awal

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News