Di Bali, Amerika Serikat Komitmen Sediakan 1 Miliar Vaksin Tanpa Ikatan Politik

Sabtu, 11 Desember 2021 – 03:12 WIB
Di Bali, Amerika Serikat Komitmen Sediakan 1 Miliar Vaksin Tanpa Ikatan Politik - JPNN.com Bali
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim saat jadi pembicara di ajang BDF di Nusa Dua. Foto: ANTARA/HO

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia  Sung Y. Kim mengatakan komitmen negaranya menyediakan lebih dari satu miliar vaksin, tanpa ikatan politik.

Menurutnya, Amerika Serikat saat ini fokus menyediakan vaksin terhadap negara-negara berpendapatan rendah dan menengah ke bawah di seluruh dunia.

Amerika Serikat adalah donor terbesar untuk COVAX, dengan total komitmen 4 miliar dollar Amerika (Rp 57 triliun) yang telah membantu GAVI memfasilitasi donasi lebih dari 44,7 juta total dosis vaksin untuk Indonesia.

Selain itu, kata Duta Besar Sung Y. Kim, AS akan terus berkolaborasi dengan negara mitra seperti Indonesia untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi.

Menurut Sung Y. Kim, kerja sama ini memungkinkan AS dan Indonesia untuk bersama-sama mengatasi berbagai tantangan paling mendesak di dunia.

“Demokrasi adalah kesempatan bagi kita untuk tidak hanya memerangi otoritarianisme, melawan korupsi, dan memajukan hak asasi manusia.

Demokrasi juga untuk memastikan bahwa nilai-nilai itu menjadi inti dari upaya kita untuk membangun kembali dengan lebih baik dari pandemi,” kata Duta Besar Sung Y. Kim saat acara tahunan Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 di Nusa Dua, Bali.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken menyoroti pentingnya mendukung media yang bebas dan independen, dan memajukan teknologi untuk pembaruan demokrasi.

Di ajang Bali Democrazy Forum, Amerika Serikat menyatakan komitmennya menyediakan 1 miliar vaksin tanpa ikatan politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News