BMKG Luruskan Aksi Mbak Rara Pawang Hujan MotoGP 2022 dari Bali, Klir

Rabu, 23 Maret 2022 – 09:37 WIB
BMKG Luruskan Aksi Mbak Rara Pawang Hujan MotoGP 2022 dari Bali, Klir - JPNN.com Bali
Mbak Rara Istiati Wulandari beraksi di MotoGP Indonesia. Foto: diambil dari motogp

bali.jpnn.com, JAKARTA - Aksi Rara Isti Wulandari alias Mbak Rara pawang hujan MotoGP 2022 dari Bali menggeser hujan di atas lintasan Sirkuit Mandalika masih menjadi bahasan masyarakat.

Bahkan, diulas media otomotif internasional dari Swiss, Speedweek plus dikomentari ‘orang sakti’ dari Bali.

Terkait hujan yang turun saat sesi balapan resmi MotoGP Mandalika 2022, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angkat bicara.

Dalam rilis resminya, BMKG sudah memperkirakan kawasan Sirkuit Mandalika akan diguyur hujan saat ajang MotoGP Minggu lalu (20/3) sejak beberapa hari sebelumnya.

"BMKG sudah mendeteksi sinyal yang cukup kuat atau potensi hujan di tanggal 20 itu sejak beberapa hari sebelumnya," kata Prakirawan Cuaca BMKG Nanda Alfuadi.

Berdasarkan analisis BMKG, hujan yang mengguyur kawasan sirkuit tersebut antara lain disebabkan kondisi Nusa Tenggara Barat (NTB) saat itu berada pada periode transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Ketika dalam masa transisi tersebut kemungkinan besar terjadi hujan dengan sifat lokal dan intensitas tinggi disertai kilat atau petir yang kerap terjadi pada siang atau sore hari.

"Kita lihat saat kegiatan kemarin awan hujan mulai terbentuk pada sekitar pukul 12.00 siang kemudian awan semakin tumbuh membesar akhirnya turun hujan.

BMKG meluruskan aksi Mbak Rara Pawang Hujan MotoGP 2022 dari Bali saat menggeser hujan di atas langit Sirkuit Mandalika, klir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News