Survei SMRC: Mayoritas Rakyat Indonesia Ingin Rusia Hadiri KTT G20 di Bali

Rabu, 31 Agustus 2022 – 10:30 WIB
Survei SMRC: Mayoritas Rakyat Indonesia Ingin Rusia Hadiri KTT G20 di Bali - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) seusai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis lalu (30/6). Foto: ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.

bali.jpnn.com, JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali tinggal dua bulan lagi.

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk "KTT G20 dan Perang Rusia-Ukraina" yang ditayangkan melalui kanal YouTube SMRC TV mengungkap mayoritas publik Indonesia mendukung keputusan pemerintah mengundang Rusia untuk menghadiri acara puncak di Bali.

Hal ini mengindikasikan masyarakat Indonesia menginginkan Presiden Rusia Vladimir Putin hadir bersama pemimpin besar dunia lainnya di Pulau Dewata.

Menurut Direktur Riset SMRC Deni Irvani, 78 persen masyarakat mendukung keputusan pemerintah Indonesia tetap mengundang Rusia dalam pertemuan G20 di Bali.

"Hanya ada 14 persen yang tidak setuju dan 8 persen yang tidak menjawab," ujar Deni Irvani.

Survei ini juga menemukan bahwa mayoritas publik (81 persen) yang tahu Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 menilai kehadiran Rusia di konferensi tingkat tinggi itu adalah sepenuhnya terserah pada negara tersebut.

Indonesia sebagai tuan rumah tidak boleh melarangnya, karena Rusia adalah anggota yang berhak hadir.

Hanya ada 13 persen yang menilai Rusia tidak boleh hadir, karena telah memerangi dan menduduki Ukraina.

Hasil survei SMRC: mayoritas rakyat Indonesia mendukung keputusan pemerintah yang menginginkan Rusia ikut menghadiri KTT G20 di Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News