China Luncurkan Kapal Induk Fujian, Militer Tiongkok Kian Kuat

Jumat, 17 Juni 2022 – 21:37 WIB
China Luncurkan Kapal Induk Fujian, Militer Tiongkok Kian Kuat - JPNN.com Bali
Kapal induk pertama China, yang direnovasi dari kapal induk tua yang dibeli dari Ukraina pada 1998, terlihat merapat di Pelabuhan Dalian, Liaoning, 22 September 2012. Foto: ANTARA/Reuters/Stringer/as.

bali.jpnn.com, SHANGHAI - China berusaha mempertahankan reputasi kekuatan militernya dengan meluncurkan kapal induk ketiga di Shanghai, Jumat (17/6).

Kapal induk baru ini diberi nama Fujian dan diluncurkan ke laut tepat pukul 11.00 waktu setempat (sama dengan WITA).

Kapal induk Fujian menjadi yang ketiga yang memperkuat militer China, setelah Liaoning yang beroperasi di pesisir timur laut dan Shandong di pesisir timur.

Dengan bobot lebih dari 80.000 ton, kapal induk terbaru milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) itu dilengkapi dengan pelontar elektromagnetik dan perangkat penangkapan musuh.

Kapal yang sepenuhnya dikembangkan di dalam negeri China itu memiliki dek pendaratan pesawat yang lurus, berbeda dengan Liaoning, kapal induk pertama China yang pada ujung deknya melengkung.

Penamaan kapal induk ketiga PLA dengan Fujian yang merupakan nama provinsi di pesisir timur China yang menghadap ke Taiwan itu menimbulkan spekulasi dari para warganet.

Warganet China mengaitkan nama tersebut dengan situasi terkini di Selat Taiwan.

Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) merangkap Wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Xu Qiliang, hadir dalam acara peresmian tersebut.

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) meluncurkan kapal induk Fujian, militer Tiongkok kini kian kuat bersaing dengan Amerika Serikat dan Rusia
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News