China Ingin KTT G20 di Bali Sukses, Anggap Indonesia Punya Peran Penting

Kamis, 26 Mei 2022 – 15:32 WIB
China Ingin KTT G20 di Bali Sukses, Anggap Indonesia Punya Peran Penting - JPNN.com Bali
Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat menjawab pertanyaan ANTARA pada konferensi pers di sela-sela sidang parlemen di Beijing, Senin (7/3). Foto: ANTARA/FMPRC/mii/am.

bali.jpnn.com, BEIJING - China memberi perhatian penuh kepada Indonesia.

Jelang Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 Negara (G20) di Bali November 2022 mendatang, Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi menghubungi Menlu RI Retno Marsudi via telepon, Rabu kemarin (25/5).

Menlu Wang Yi mengatakan China sangat mendukung Indonesia dalam menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah KTT G20 di Bali.

Wang Yi melihat Asia telah mendapatkan momentum dalam tata kelola global karena Indonesia, Thailand, dan Kamboja akan menjadi tuan rumah konferensi multilateral penting.

Demikian halnya dengan China yang sedang mempersiapkan KTT Kelompok Negara Berkembang Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS).

"Belum lama ini telah disepakati pernyataan bersama beberapa negara Asia untuk memperkuat solidaritas dalam menghadapi tantangan bersama," kata Wang Li.

Karena itu, Menlu Wang Yi mengajak semua negara di Asia berperan aktif dalam menciptakan perdamaian, stabilitas, dan pembangunan berkualitas, baik dalam skala regional maupun global.

"Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan telah lebih menitikberatkan bahwa G20 sebagai forum ekonomi daripada forum politik sejak awal pembentukannya, dan China sepenuhnya setuju dengan (pernyataan) itu," ujar Menlu Wang.

China Ingin KTT G20 yang digelar di Bali November 2022 sukses, menganggap peran Indonesia penting di kawasan Asia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News