Timor Leste Kian Miskin, Berharap Banyak Pada Indonesia Jadi Anggota ASEAN

Rabu, 18 Mei 2022 – 15:28 WIB
Timor Leste Kian Miskin, Berharap Banyak Pada Indonesia Jadi Anggota ASEAN - JPNN.com Bali
Dua mantan presiden Timor Leste, Ramos Horta dan Xanana Gusmao berbincang saat kampanye terbuka Pilpres 2022, di Ermera, Timor Leste, Kamis (3/3). Foto: VALENTINO DARIEL SOUSA / AFP

bali.jpnn.com, DILI - Presiden Terpilih Timor Leste José Ramos-Horta berharap agar negaranya dapat berubah status dari Observer menjadi anggota ASEAN yang ke-11 pada masa Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

“Idealnya, menurut saya, kami (Timor Leste) bergabung dengan ASEAN dalam masa presidensi Indonesia.

Ketika Indonesia mengambil alih dan menjadi presiden dari ASEAN, idealnya, saat itulah kami bergabung,” ujar Presiden Ramos-Horta kepada wartawan di Katedral Dili, Timor Leste, Rabu (18/5).

Timor Leste mengajukan diri menjadi anggota ASEAN sejak 10 tahun lalu.

Namun, sampai saat ini status keanggotaan belum dikantongi bekas provinsi ke-27 Republik Indonesia itu.

Menurut Presiden Ramos-Horta, yang menjadi penyebab dari belum masuknya Timor Leste menjadi negara anggota ASEAN adalah waktu yang belum tepat.

Karena itu, ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2023 nanti, mantan buronan politik pada era Orde Baru ini meyakini bahwa saat itulah menjadi momen tepat bagi Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN.

“Kami, khususnya saya, akan secara aktif memperjuangkan persiapan accession (bergabungnya) Timor Leste untuk ASEAN bersama pemerintah di sini dan Sekretariat ASEAN,” kata Presiden Ramos-Horta.

Timor Leste menghadapi kemiskinan yang kian ekstrem dan malnustrisi parah, berharap banyak pada Indonesia jadi anggota ASEAN
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News