Rubel Rusia Mata Uang dengan Kinerja Terbaik Tahun Ini, Mengesankan, Wow

Selasa, 17 Mei 2022 – 05:30 WIB
Rubel Rusia Mata Uang dengan Kinerja Terbaik Tahun Ini, Mengesankan, Wow - JPNN.com Bali
Uang kertas rubel Rusia terlihat dalam gambar ilustrasi ini yang diambil pada 30 September 2014. Foto: ANTARA/REUTERS/Maxim Zmeyev

bali.jpnn.com, MOSKOW - Rubel Rusia menguat melewati 64 per dolar pada perdagangan Senin (16/5).

Rubel naik menuju level tertinggi hampir lima tahun terakhir terhadap mata uang Uni Eropa, euro, didukung oleh berlanjutnya pembatasan pada perdagangan mata uang.

Rubel adalah mata uang dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini meskipun ada kontrol modal yang diberlakukan Rusia untuk melindungi sektor keuangannya pada akhir Februari setelah mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina.

Pada pukul 07.44 GMT, rubel menguat 0,9 persen terhadap dolar AS pada 63,96, melayang di dekat level terkuatnya sejak awal Februari 2020 di 62,6250, yang dicapai pada Jumat (13/5/2022).

Terhadap euro, rubel menguat 1,0 persen menjadi 66,39, bertahan di dekat level terkuatnya sejak Juni 2017 di 64,9425, yang disentuh di Moscow Exchange pada Jumat (13/5/2022).

Ketegangan geopolitik antara Moskow dan Barat dan kekhawatiran akan paket sanksi baru untuk menghukum Rusia atas apa yang disebutnya operasi militer khusus di Ukraina menjadi fokus.

Namun, dampaknya ditopang oleh konversi wajib mata uang asing oleh perusahaan yang berfokus pada ekspor dan oleh pembatasan lainnya.

"Penguatan rubel hari ini mungkin moderat, tetapi nilai dolar secara bertahap bisa turun ke 62," kata analis Promsvyazbank dalam sebuah catatan.

Rubel Rusia jadi mata uang dunia dengan kinerja terbaik tahun ini meski terjadi ketegangan geopolitik di Eropa, bahkan indeks saham Rusia ikut naik
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News