Uni Eropa Bimbang Embargo Rusia, 4 Negara Ini Penolak Paling Keras

Minggu, 15 Mei 2022 – 07:12 WIB
Uni Eropa Bimbang Embargo Rusia, 4 Negara Ini Penolak Paling Keras - JPNN.com Bali
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berbicara dalam konferensi pers di Strasbourg, Prancis, 9 Mei 2022. Foto: ANTARA/Ludovic Marin/Pool via Reuters

bali.jpnn.com, BRUSSEL - Embargo bertahap atas minyak Rusia bulan Mei ini memicu kekhawatiran terjadinya kelangkaan pasokan di Eropa timur.

Ketergantungan pada minyak Rusia di Bulgaria, Republik Ceko, Hongaria dan Slovakia menimbulkan hambatan terbesar bagi kesepakatan embargo yang diusulkan Komisi Eropa pada awal Mei lalu.

Namun, para diplomat dan pejabat Uni Eropa pada Jumat (13/5) mengatakan mereka optimistis tentang kesepakatan embargo yang akan dijatuhkan kepada Rusia.

Presiden Komisi Ursula von der Leyen telah berjuang untuk meyakinkan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, kritikus paling vokal dari embargo yang diusulkan.

"Akan ada kesepakatan," kata seorang diplomat senior Uni Eropa.

Sang diplomat mencatat bahwa ada fleksibilitas dalam transisi yang diusulkan dan tingkat investasi untuk negara-negara yang bergantung pada minyak Rusia yang perlu mencari sumber pasokan lain.

Seorang diplomat senior kedua mengatakan bahwa kesepakatan itu mungkin dilakukan pada Senin besok (16/5) pagi ketika para menteri luar negeri Uni Eropa bertemu di Brussels.

Seorang diplomat ketiga mengatakan ada kemungkinan kesepakatan akhir pekan ini.

Negara-negara di Uni Eropa masih bimbang memberlakukan embargo kepada Rusia karena khawatir dengan pasokan gas mereka, 4 negara ini penolak paling keras
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News