Rusia Gagal Lumpuhkan Sistem Kelistrikan Ukraina, Sandworm Ikut Bermain

Kamis, 14 April 2022 – 14:39 WIB
Rusia Gagal Lumpuhkan Sistem Kelistrikan Ukraina, Sandworm Ikut Bermain - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Seorang peretas sedang menggunakan perangkat komputer dan jaringan untuk melakukan serangan siber. Foto: ANTARA/Shutterstock/aa.

bali.jpnn.com, KIEV - Rusia kian gencar melancarkan serangan ke sejumlah kota di Ukraina sejak mereka melakukan agresi 24 Februari silam.

Selain melancarkan serangan militer dengan melepaskan rudal dan serangan artileri, Rusia menargetkan jaringan listrik Ukraina.

Namun, upaya peretasan yang dilakukan pihak Rusia diklaim gagal.

Juru bicara pemerintah Ukraina Victor Zhora dikutip dari Reuters mengeklaim berhasil menggagalkan upaya serangan siber dari Rusia yang menargetkan jaringan listrik mereka.

"Ini adalah tim peretas militer. Tujuan mereka ingin mematikan sejumlah fasilitas, termasuk gardu induk listrik.

Namun, upaya mereka tidak berhasil. Kami sedang menyelidiki kasus ini," kata Victor Zohra.

Tim respons cepat serangan siber Ukraina, CERT-UA, melalui keterangan tertulis menyatakan peretas mengincar komputer yang mengatur gardu induk tegangan tinggi, milik sebuah perusahaan energi yang tidak disebutkan namanya.

Peretas menyerang dalam dua gelombang.

Rusia gagal melumpuhkan sistem kelistrikan Ukraina setelah digagalkan pemerintah Kiev, Sandworm dituding ikut bermain dalam serangan siber ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News