Di Arena IPU Indonesia Berang dengan Israel, Ini Puncak Masalahnya

Rabu, 23 Maret 2022 – 17:11 WIB
Di Arena IPU Indonesia Berang dengan Israel, Ini Puncak Masalahnya - JPNN.com Bali
Wakil Ketua BKSAP Mardani Ali Sera saat ditemui di sela-sela kegiatan Sidang Majelis Ke-144 IPU di BICC, Nusa Dua, Bali, Rabu (23/3). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Klaim sepihak Parlemen Israel yang menyampaikan mereka telah melakukan kunjungan resmi ke Indonesia tepatnya pada acara Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC, Nusa Dua, Bali, mengundang reaksi keras delegasi DPR RI.

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menegaskan tidak ada ada official visit (kunjungan resmi, Red.)

“Mungkin itu bagian dari upaya (Parlemen Israel) menyampaikan ke kepentingan domestik mereka. Namun, Indonesia tetap berkomitmen mendukung kemerdekaan Palestina dan menolak normalisasi hubungan dengan agresor (penyerang), dalam hal ini, Israel,” kata Fadli Zon di BICC Nusa Dua, Badung, Bali.

Isu tersebut mencuat setelah sejumlah media lokal Israel yang menulis kunjungan resmi parlemen negara Zionis itu ke Indonesia.

Dalam berita-berita itu, dua anggota parlemen Israel berfoto sambil membentangkan bendera negaranya di lokasi sidang IPU

Fadli Zon menegaskan Indonesia sebagai tuan rumah Sidang Majelis Ke-144 IPU wajib mengundang total 178 anggota, tidak terkecuali Israel.

Pemerintah Indonesia akhirnya mengeluarkan visa untuk delegasi Parlemen Israel agar mereka dapat menghadiri acara sidang.

“Aturannya IPU tidak boleh ada yang tidak diundang sehingga semua anggota IPU pasti diundang,” ujar Fadli Zon menegaskan.

Parlemen Indonesia berang dengan Israel yang mengeklaim kedatangannya di acara IPU di Nusa Dua Bali adalah kunjungan resmi, ini puncak masalahnya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News