Indonesia Ajak ASEAN Dukung Resolusi Damai Rusia dan Ukraina

Minggu, 20 Maret 2022 – 19:54 WIB
Indonesia Ajak ASEAN Dukung Resolusi Damai Rusia dan Ukraina - JPNN.com Bali
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Lodewijk F. Paulus. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Lodewijk F. Paulus meminta dukungan negara-negara ASEAN untuk mengajukan rancangan resolusi damai terkait dengan perang Rusia dan Ukraina.

Ajakan tersebut terlontar ketika membuka ASEAN+3 Group Meeting dalam salah satu agenda General Assembly IPU Ke-144 Tahun 2022 di Jakarta Room A&B BICC Nusa Dua, Badung, Bali.
Menurut Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus, parlemen memiliki peran mendasar dalam menyelesaikan konflik atau membangun perdamaian abadi melalui proses dialog dan rekonsiliasi

"Indonesia mengharapkan dukungan untuk menjadi kandidat Drafting Committee on Emergency Item IPU yang mewakili Asia Pacific Group," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus di BICC Nusa Dua, Badung, Bali.

Rancangan resolusi yang diusulkan adalah peran parlemen dalam mendukung solusi damai untuk konflik Rusia dan Ukraina.

Lodewijk F. Paulus menyampaikan bahwa Asia Tenggara telah menjadi kawasan strategis dengan posisi penting di panggung global, baik secara politik maupun ekonomi.

Oleh karena itu, suara dan sikap Indonesia dalam kaitannya dengan isu-isu internasional sering kali sangat diharapkan.

Menurut Lodewijk F. Paulus, dalam kaitannya dengan situasi global, penting bagi parlemen global untuk memastikan bantuan kemanusiaan bagi orang-orang yang membutuhkan, terutama perempuan, anak-anak, orang tua, dan kelompok rentan lainnya.

Dia menegaskan bahwa anggota IPU harus mendorong pemerintah masing-masing untuk menahan diri dari penggunaan kekuatan militer dan mempromosikan solusi damai untuk mengakhiri konflik.

Parlemen Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk mendukung resolusi damai Rusia dan Ukraina di ajang IPU yang berlangsung di Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News