Hujan Lebat Guyur Manggarai NTT, Tolong Waspadai Dampaknya Ini

Selasa, 16 November 2021 – 00:29 WIB
Hujan Lebat Guyur Manggarai NTT, Tolong Waspadai Dampaknya Ini - JPNN.com Bali
Ilustrasi BMKG memprediksi cuaca buruk di Manggarai, NTT. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

bali.jpnn.com, MANGGARAI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai mengingatkan masyarakat akan dampak hujan lebat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasar prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Manggarai, wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor yakni Satar Mese, Langke Rembong, Wae Rii, dan Cibal.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai, Decky Irmawan, empat wilayah tersebut harus mewaspadai dampak dari hujan lebat yang berlaku 16 November 2021 hingga 17 November 2021.

“Beberapa dampak yang ditimbulkan yakni jalanan basah, licin, atau jarak pandang berkurang,” ujar Decky Irmawan.

Dampak lainnya yakni munculnya gangguan skala kecil dan jangka pendek layanan air bersih/minum, listrik dan gas, serta operasional sekolah dan rumah sakit.

Selain itu, terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil, genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala kecil, serta aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil.

Selanjutnya banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman serta aliran banjir mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala kecil.

BMKG meminta warga untuk tetap tenang dan waspada, serta berbagi/bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah.

Hujan Lebat mengguyur Manggarai NTT. Sejumlah dampak hujan lebat terjadi, mulai gangguan kecil hingga besar.