Kupang, Sabu Raijua dan Rote Ndao NTT Dilanda Kekeringan Ekstrem, Ini Warning BMKG

Selasa, 26 Oktober 2021 – 12:45 WIB
Kupang, Sabu Raijua dan Rote Ndao NTT Dilanda Kekeringan Ekstrem, Ini Warning BMKG - JPNN.com Bali
Ilustrasi lahan kering di Kupang Timur. Foto: Antara/HO

bali.jpnn.com, KUPANG - Tiga daerah di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih dilanda kekeringan ekstrem dengan kondisi Hari Tanpa Hujan (HTH) berkategori ekstrem panjang.

Ketiga daerah yang masih dilanda kekeringan ekstrem yaitu Kabupaten Kupang di wilayah Kupang Barat, Kabupaten Sabu Raijua di Hawu Mehara, Raijua, Sabu Barat, Sabu Liae, Sabu Tengah dan Sabu Timur.

Selain itu Kabupaten Rote Ndao yaitu di Lobalain, Ndao Nuse, Rote Barat, Rote Barat Daya, Rote Barat Laut, Roto Selatan, Rote Tengah dan Rote Timur.

"Daerah yang terdampak kekeringan ekstrem ini memiliki HTH ekstrem panjang yaitu lebih dari 61 hari," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji.

Menurut Rahmattulloh Adji, ketiga kabupaten di Provinsi NTT itu masih dilanda kekeringan ekstrem dengan HTH ekstrem panjang.

“Umumnya wilayah lain di NTT mengalami HTH dengan kategori sangat pendek (1-5 hari).

Khusus ketiga wilayah itu mengalami durasi yang sangat panjang,” katanya.

Rahmattulloh Adji mengatakan, berdasar prakiraan peluang hujan menunjukkan bahwa di sebagian kecil wilayah NTT masih akan mengalami curah hujan sangat rendah (lebih kecil 20 mm/dasarian) dengan peluang 71-100 persen.

Tiga kabupaten di Provinsi NTT yakni Kupang, Sabu Raijua dan Rote Ndao dilanda kekeringan ekstrem. BMKG pun mengeluarkan warning

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News