Suryagen Bangun PLTS di Manggarai Barat dan Sumba, Gubernur Laiskodat: NTT Kaya Sumber Energi

Selasa, 21 September 2021 – 02:00 WIB
Suryagen Bangun PLTS di Manggarai Barat dan Sumba, Gubernur Laiskodat: NTT Kaya Sumber Energi - JPNN.com Bali
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (kanan) saat beraudiensi dengan Komisaris Utama Group Suryagen di Kupang, Senin (20/9/2021). Foto: Antara /HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT)

bali.jpnn.com, KUPANG - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mengatakan pemerintahannya siap mendukung proyek energi baru terbarukan (EBT).

Menurut Gubernur Laiskodat, pengembangan EBT adalah sebuah keharusan karena masyarakat internasional mulai meninggalkan sumber energi listrik yang bersumber dari fosil dan menuju EBT.

"Suka atau tidak negara kita juga mesti terlibat di dalamnya dan NTT punya potensi sumber energi baru terbarukan yang sangat hebat," kata Gubernur Laiskodat.

Pernyataan politisi NasDem ini untuk menjawab rencana Grup Suryagen membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 30 megawatt di Kabupaten Manggarai Barat serta dua gigawatt di Pulau Sumba.

 "Pengembangan sumber energi baru terbarukan untuk pembangkit listrik merupakan suatu keharusan karena dunia sedang bergerak ke arah itu," ujarnya.

Menurutnya, peluang investasi untuk pembangunan EBT di NTT sangat terbuka karena potensi yang melimpah.

Baik yang bersumber dari energi geothermal di Pulau Flores maupun energi matahari di Pulau Sumba dan Pulau Timor.
Pulau Timor dan Sumba berdasar penelitian para ahli memiliki intensitas sinar matahari terbaik di Indonesia.

Selain itu juga ada energi angin serta energi dari arus laut dan air.

Grup Suryagen berencana membangun proyek PLTS di Manggarai Barat dan Sumba, Gubernur Laiskodat pun menyambut baik. Apalagi NTT kaya sumber energi
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News