BMKG Ingatkan Hujan Petir di Pulau Flores dan Alor, Ini 7 Wilayah Terdampak

Sabtu, 18 September 2021 – 09:46 WIB
BMKG Ingatkan Hujan Petir di Pulau Flores dan Alor, Ini 7 Wilayah Terdampak - JPNN.com Bali
Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG, Agung Sudiono Abadi. Foto: Antara/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - Hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Pulau Flores dan Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan tujuh wilayah ikut terkena dampak hujan petir ini.

Yakni Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende dan Kabupaten Alor, NTT.

"Selain hujan yang dapat disertai petir juga terdapat potensi angin kencang sesaat yang perlu diwaspadai warga NTT,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG, Agung Sudiono Abadi di Kupang, Sabtu (18/9).

BMKG melaporkan, posisi gelombang atmosfer pembawa massa udara basah atau Madden-Julian Oscillation (MJO) saat ini berada di Kuadran 3.

Dalam satu pekan ke depan, posisi MJO berada di Kuadran 4 dan 5 sehingga berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian timur, termasuk wilayah NTT.

“BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai petir.

"Kondisi ini juga berpotensi mengakibatkan munculnya bencana banjir dan tanah longsor," kata Agung Sudiono Abadi.

Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG mengingatkan hujan disertai petir di Pulau Flores dan Alor dan 7 wilayah terdampak lainnya.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News