Bikin Merinding, Viral Emak-emak di Ampenan Pikul Keranda Jenazah ke Kuburan

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 10:53 WIB
Bikin Merinding, Viral Emak-emak di Ampenan Pikul Keranda Jenazah ke Kuburan - JPNN.com Bali
Para emak-emak tampak memikul keranda mayat keliling kampung sebelum dibawa ke pemakaman umum di Ampenan, Mataram, NTB. (Screenshot video postingan FB Ibnu Sanusi)

bali.jpnn.com, MATARAM - Jumat (13/8) malam, warga Taman Sari, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dibuat heboh.

Kehebohan dipicu munculnya video emak-emak bermukena keluar dari masjid sambil memikul keranda jenazah.

Sambil membawa jenazah berpenutup kain hijau menuju pemakamam umum milik Kelurahan Taman Sari, emak-emak itu membaca kalimat tauhid berulangkali.

“Jadi syarat aden engkah arak dengan mbilinan, nine ponggok (Jadi syarat supaya berhenti ada warga yang meninggal, perempuan yang pikul),” ujar salah seorang di video itu dengan Bahasa Sasak, dikutip dari Radarlombok.co.id.

Pemilik akun FB Ibnu Sanusi yang membagikan video viral dalam postingannya mengatakan,

aktivitas emak-emak memikul keranda lantaran terjadinya kematian secara beruntun di Lingkungan Taman Kapitan, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Provinsi NTB.

Para tetua yang sudah mengalami hal yang sama pada masa lampau lantas berinisiatif menyuruh kaum perempuan menggantikan para lelaki memikul keranda jenazah sampai ke pemakaman umum milik Kelurahan Taman Sari di Gatep.

“Peristiwa ini terjadi pada Kamis sore tanggal 12 Agustus 2021 kemarin saat meninggalnya Pak Bahrun,” ungkapnya.

Kehebohan dipicu munculnya video emak-emak bermukena keluar dari masjid sambil memikul keranda jenazah.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News