Pria NTT Korban Tewas Dihajar Massa di Gianyar Bali Bukan Pengunggah Video SARA

Sabtu, 26 Oktober 2024 – 08:16 WIB
Pria NTT Korban Tewas Dihajar Massa di Gianyar Bali Bukan Pengunggah Video SARA - JPNN.com Bali
Penyidik Polres Gianyar menunjukkan tersangka Mayanto Jaha Bengo alias Yanto, pelaku pembuat konten diduga bermuatan SARA di sebuah akun TikTok. ANTARA/Rolandus Nampu

bali.jpnn.com, GIANYAR - Kapolres Gianyar AKBP umar mengatakan buruh proyek asal Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) Dedianus Kalaiyo yang tewas dihajar massa bukan orang yang mengunggah video SARA di akun TikTok.

Menurut AKBP Umar, berdasarkan hasil penyelidikan, pengunggah video SARA di akun TikTok itu adalah Mayanto Jaha Bengo alias Yanto.

Itu artinya Dedianus Kalaiyo yang tewas dimassa adalah korban salah sasaran.

"Hasil penelusuran bahwa (Dedianus Kalaiyo) korban, bukan pelakunya, dan hasil dengan tim Siber Polda Bali sudah mengetahui pemilik akun," kata Kapolres Gianyar AKBP Umar.

AKBP Umar mengatakan korban Dedianus tidak memiliki akun TikTok.

Video yang viral dengan narasi bernada SARA yang menyulut kemarahan warga di Gianyar merupakan video yang telah diedit Yanto yang diambilnya dari sebuah status WhatsApp korban.

Dalam video asli, tidak terdapat narasi yang mengandung SARA.

Polisi pun mencari keberadaan Yanto setelah insiden pada Selasa (15/10/2024) malam.

Menurut AKBP Umar, berdasarkan hasil penyelidikan, pengunggah video SARA di akun TikTok itu adalah Mayanto Jaha Bengo alias Yanto.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News