Begini Kisah Bule Rusia Pencari Suaka Sebelum Dipulangkan, Sadar Setelah Ayah Sakit

Rabu, 16 Oktober 2024 – 21:45 WIB
Begini Kisah Bule Rusia Pencari Suaka Sebelum Dipulangkan, Sadar Setelah Ayah Sakit - JPNN.com Bali
Aparat Rudenim Denpasar mengawal bule Rusia berinisial RK yang dipulangkan ke negaranya melalui Bandara Ngurah Rai, kemarin dini hari setelah gagal mendapatkan suaka ke negara ketiga. Foto: Kemenkumham Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Rudenim Denpasar akhirnya memulangkan warga negara asing (WNA) berkebangsaan Rusia berinisial RK setelah gagal menuju negara ketiga (resettlement).

Bule 36 tahun berstatus pencari suaka terpaksa dipulangkan setelah dalam masa setahun menunggu di Indonesia tidak mendapat kejelasan dengan statusnya.

Bule Rusia itu bersedia pulang dengan sukarela.

“Pemulangan ini dilakukan setelah RK mengajukan permohonan sukarela untuk kembali ke Rusia karena alasan keluarga, terutama kondisi kesehatan ayahnya yang sedang sakit parah,” ujar Kepala Rudenim Denpasar Gede Dudy Duwita, Rabu (16/10).

RK pertama kali datang ke Indonesia sekitar 2010 lalu.

RK telah berkunjung ke Indonesia beberapa kali dengan berbagai jenis visa.

RK terakhir kali masuk ke Indonesia sekitar tujuh tahun lalu dengan memegang Izin Tinggal Tetap (ITAP) penyatuan keluarga dengan istrinya seorang WNI kala itu yang menjadi penjaminnya, dengan ITAP yang berlaku hingga 4 September 2022.

RK mengajukan status sebagai pencari suaka pada 2023 setelah terjadi perang di negaranya, Rusia.

Bule 36 tahun berstatus pencari suaka terpaksa dipulangkan setelah dalam masa setahun menunggu di Indonesia tidak mendapat kejelasan dengan statusnya.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News