2 Tahun Tanpa Kejelasan, WNA Venezuela Pencari Suaka Dipulangkan, Begini Kisahnya

Selasa, 16 Januari 2024 – 11:24 WIB
2 Tahun Tanpa Kejelasan, WNA Venezuela Pencari Suaka Dipulangkan, Begini Kisahnya - JPNN.com Bali
Aparat Rudenim Denpasar mengawal pencari suaka, seorang WNA Venezuela berinisial SEBM yang dipulangkan melalui Bandara Ngurah Rai, kemarin. Foto: Kemenkumham Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Nasib sial menimpa SEBM, 26.

Warga negara asing (WNA) berkebangsaan Venezuela terpaksa dipulangkan ke negaranya oleh aparat Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar setelah dua tahun berada di Indonesia.

Kebetulan WNA Venezuela ini bersedia pulang secara sukarela setelah dua tahun terakhir gagal menemukan negara ketiga (resettlement).

SEBM dipulangkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan tujuan akhir Simon Bolivar International Airport – Caracas, Venezuela, Senin (15/1) kemarin.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar Gede Dudy Duwita mengatakan pemulangan sukarela ini merujuk Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri.

“Pemulangan sukarela ini menjadi solusi jangka panjang alternatif dari program resettlement UNHCR yang sangat minim jumlahnya.

Pemulangan sukarela ini diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah pengungsi dan pencari suaka di Indonesia,” ujar Gede Dudy Duwita, Selasa (16/1).

SEBM masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 28 Agustus 2019 menggunakan Visa Pelajar.

2 tahun tanpa kejelasan di Indonesia, WNA Venezuela berinisial SEBM yang pernah kuliah di Unud dan kini menjadi pencari suaka dipulangkan, begini kisahnya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News