Mengulik Kisah IB Putu Alit, Dokter Forensik Kasus Brigadir J Asal Bali, Salut

Kamis, 01 September 2022 – 16:29 WIB
Mengulik Kisah IB Putu Alit, Dokter Forensik Kasus Brigadir J Asal Bali, Salut - JPNN.com Bali
Dokter Ida Bagus Putu Alit DFM, SpF selaku dokter forensik RSUP Prof Ngoerah sebagai satu-satunya anggota tim autopsi kasus Brigadir J yang berasal dari Bali, Denpasar, Kamis (1/9). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang dilakukan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menyita perhatian publik.

Namun, yang perlu diketahui, kasus ini terungkap berkat kerja keras tim forensik.

Salah satu dokter forensik yang terlibat mengungkap kasus ini dari sisi scientific adalah dr Ida Bagus Putu Alit DFM SpF.

Dokter Alit, sapaan akrabnya, mengaku turut serta atas dasar kewajiban bahwa secara hukum ada kewenangan dari penyidik untuk meminta dokter forensik melakukan pemeriksaan.

Dirinya terlibat setelah ada permintaan Mabes Polri kepada Kolegium PDFI (Persatuan Dokter Forensik Indonesia).

"Ada kewajiban hukum bagi profesi dokter, bahwa dokter akan mengaplikasikan ilmu dan teknologi yang dimilikinya untuk kepentingan peradilan.

Bukan semata-mata untuk kepentingan pasien, tetapi untuk peradilan karena peradilan memerlukan suatu bukti-bukti yang tidak terbantahkan," kata dokter Alit.

Terkait pengalamannya saat melakukan autopsi Brigadir J, pada Rabu (27/8) lalu, dokter forensik RSUP Prof Ngoerah ini menilai tak ada perbedaan dengan lainnya.

Mengulik kisah Ida Bagus Putu Alit, dokter forensik kasus Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J asal Bali, Salut
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News