SAR Temukan Tumpahan Minyak dan Pelampung KM Liberty 1, Fokus Pencarian ke Arah Barat

Kamis, 28 Oktober 2021 – 20:31 WIB
SAR Temukan Tumpahan Minyak dan Pelampung KM Liberty 1, Fokus Pencarian ke Arah Barat - JPNN.com Bali
Tim SAR gabungan mengevakuasi ABK KM Liberty I yang tenggelam di perairan Bali Utara ke Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB. (Istimewa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Denpasar mendapat dukungan dari TNI Angkatan Laut (AL) dalam upaya pencarian 7 anak buah kapal (ABK) KM Liberty 1 yang hingga kini belum ditemukan.

Upaya pencarian Tim SAR Gabungan dilakukan dengan mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Arjuna 229, KRI Singa-651, dan satu unit kapal Rigid Inflatable Boat (RIB).

"Upaya pencarian kita hari ini diperkuat oleh satu armada TNI AL yaitu KRI Singa-651 yang ikut melaksanakan pencarian di area lokasi tenggelamnya KM Liberty 1," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada.

Hasilnya Tim SAR Gabungan hanya menemukan tumpahan minyak, lifejacket atau jaket pelampung, dan logistik yang dicurigai sebagai bagian dari KM Liberty 1.

"Banyak tumpahan minyak serta muatan yang ditemukan oleh KRI Singa-651.

Penemuan tersebut berjarak sekitar 25 NM arah barat daya dari lokasi tenggelamnya KM Liberty 1. Sementara itu Kapal Basarnas juga menemukan beberapa lifejacket," imbuhnya.

Dari perhitungan Aplikasi SARMAP milik Basarnas arah arus dan angin menuju ke barat, Basarnas akan melakukan perluasan pencarian hingga ke arah barat dan utara Singaraja.

"Untuk mengantisipasi korban dibawa arus menuju barat, kita mengerahkan satu unit Rigid Inflatable Boat.

SAR Gabungan temukan tumpahan minyak dan lifejacket KM Liberty di lokasi tenggelamnya kapal. Kini tim SAR mengupayakan pencarian ke arah barat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News