Detik-detik KM Liberty Tenggelam di Bali Utara: ABK Panik, Nekat Ceburkan Diri Tanpa Pelampung

Kamis, 28 Oktober 2021 – 08:15 WIB
Detik-detik KM Liberty Tenggelam di Bali Utara: ABK Panik, Nekat Ceburkan Diri Tanpa Pelampung - JPNN.com Bali
Nakhoda KN Arjuna mengendalikan laju kapal untuk mencari 7 ABK KM Liberty 1 yang hilang dan belum ditemukan setelah kapal tenggelam di perairan Bali Utara. (Istimewa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Musibah tenggelamnya KM Liberty 1 menyisakan cerita duka.

Terungkap, banyak anak buah kapal (ABK) yang nekat ceburkan diri ke laut Bali Utara tanpa mengenakan pelampung.

Fakta itu diungkap Kepala Kantor Pencarian Basarnas Kelas A Denpasar, Gede Darmada.

Menurut Darmada dari pengakuan Kapten KM Liberty 1 yang selamat, situasi mencekam di detik-detik tenggelamnya kapal berlangsung sangat cepat.

Suasana di atas laut yang gelap gulita karena terjadi di tengah malam sekitar pukul 23.00 WITA, menambah suasana semakin panik di atas kapal.

"Kami tanya kapten kapal yang kebetulan selamat, memang kejadiannya begitu cepat, malam sekitar pukul.23.00 WITA, otomatis visibility (jarak pandang, red) terbatas 2 sampai 3 meter saja," ulas Gede Darmada.

Dari kronologis kejadian, menurut Darmada, kapten kapal sudah mengambil keputusan tepat dengan melakukan manuver saat dihantam gelombang besar.

"Hanya saja saat manuver itu mungkin ada gelombang dari samping sehingga kapal itu dihantam (lagi) gelombang," terangnya.

Detik-detik KM Liberty tenggelam di perairan Bali Utara berlangsung menegangkan. ABK Panik sampai nekat menceburkan diri ke laut tanpa pelampung